Friday, April 13, 2012

Akhir Menyedihkan Kura-Kura Laut Tua

Di pantai sebuah pulau, ada seekor kura-kura laut yang sangat besar. Dia sedang berjemur di bawah matahari. Pelan-pelan merambat, dia merasa sangat bebas.
Seekor burung pelikan terbang mendekat, beristirahat di atas panggunerus bertanya kura-kura laut dan bertanya,"Kakek kura-kura, usia Anda berapa?"
"Tidak kecil juga tidak besar, tepat 100 tahun,"kata kura-kura dengan lambat.
"Oh! Usiamu begitu tua, tentu telah bepergian ke banyak tempat, kan? Pasti punya banyak kemampuan!" Burung pelikan yang ingin tahu terus bertanya tanpa henti.
Kura-kura tua menjadi bersemangat,  menjulurkan lehernya, mengangkat kepala, menggoyang badannya sedikit, lalu dengan membanggakan diri berkata, "Kalau hanya ini, Samudera Pasifik telah kuarungi beberapa kali; pulau-pulau terpencil telah kusinggahi; dasar lautan yang terdalam telah kudatangi. Mengenai kemampuanku, jika aku katakan pasti akan membuat kamu terkagum-kagum!"
Saat kura-kura sedang bercerita dengan semangatnya, burung pelikan tiba-tiba ketakutan dan terbang pergi. Seorang pria datang mendekat, kemudian dengan sekuat tenaga menjungkirbalikan tubuh kura-kura. Saat orang itu berjalan pergi, dia berkata sambil tertawa,"Sekarang aku tidak ada waktu, setengah hari lagi aku akan kembali dan memindahkanmu ke atas kapal."
Kura-kura tua tahu hal yang buruk telah terjadi. Dia hanya bisa menunggu nasibnya. Burung pelikan melihat kura-kura terbalik, datang dan dengan terkejut berkata, "Kakek tua yang berpengetahuan luas, apakah kamu hanya bisa menunggu nasibmu seperti ini saja?"
Kura-kura tua hanya bisa menutupi mukanya dengan kedua kaki depannya karena malu.

Makna yang terkandung :
Orang yang tidak mempunyai kepandaian, suka membanggakan diri, dan hanya bisa meninggikan diri, tidak hanya akan sulit memenangkan hati dan memperoleh kehormatan dari orang lain, bahkan masih ada kemungkinan membawa bencana dan kerugian bagi diri sendiri.


(Sumber : 200 Kisah Terindah Sepanjang Masa dari china by Din Man)

(^_^)....trims udah mampir dan membacanya.... smoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

HOW IT WORK "BOOK OF ROBOTS"

How It Work Book of Robots buku menjelaskan tentang bagaimana cara kerja robot-robot bagi pecinta robotika Download Buku Disini