Wednesday, May 13, 2020

ZHANG HENG


Seorang ahli astronomi, penemu, ahli matematika, penulis dan seniman terkenal, Zhang Heng adalah salah satu pemikir terbesar tiongkok kuno. Diantara inovasi ilmiahnya adalah perangkat pertama untuk mendeteksi gempa bumi.

Lahir di masa Dinasti Han Timur, yang penguasanya mempromosikan sains dan teknologi. Zang Hen mencapai kesuksesan sebagai sastrawan sebelum mengalihkan perhatiannya pada astronomi dan matematika. Keahlian yang dia peroleh di bidang-bidang itu mengarah pada penunjukan di istana Kaisar Shun, tempat ia naik menjadi kepala astronom.

Langit seperti telur ayam.... Bumi seperti kuning telur (Zhang Heng)
Dari pengamatannya yang seksama pada langit malam, Zhang menyimpulkan bahwa bulan dan planet-planet tidak menghasilkan cahaya, tetapi memantulkannya dari matahari. Dia juga percaya bahwa semesta dan planet-planet berbentuk bulat. Dia memetakan bintang dan planet dalam katalog terperinci, mengindentifikasi 124 rasi bintang, 2500 bintang besar, dan 11.250 yang lebih kecil. Seorang insyinsur yang sangat terampil, Zhang membuat bola baja bertenaga air; model yang menggambarkan langit malam melalui kerangka cincin, diposisikan untuk mencerminkan pergerakan benda-benda langit. Dia juga merancang kompas non magnetik dan mengembangkan sebuah instrumen yang mencatat arah dimana gempa bumi terjadi. Hal ini menjadikan dia sebagai seismokop pertama di dunia. Prinsip dasar instrumen pendaftaran gempa Zhang kemudian ditampilkan dalam studi yang mengarah pada pengembangan seismograf modern. Kontribusinya yang paling terkenal untuk bidang matematika adalah perhitungan rumusnya sendiri untuk π (pi), angkanya tidak akan ditingkatkan di Tiongkok selama 200 tahun lagi.

Sumber : Scientists who Changed History by DK Publishing

No comments:

Post a Comment

HOW IT WORK "BOOK OF ROBOTS"

How It Work Book of Robots buku menjelaskan tentang bagaimana cara kerja robot-robot bagi pecinta robotika Download Buku Disini